Apa Itu Pajak Progresif Motor?

Punya dua motor apakah kena pajak progresif?

1. Orang yang tinggal serumah dengan pemilik kendaraan bermotor. Dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2015 Pasal 7 ayat (1a), disebutkan jika dalam satu alamat ada dua kendaraan, maka kendaraan kedua dikenakan tarif progresif. Jadi, selama masih satu rumah meski STNK beda, kamu tetap bakal kena pajak progresif.

Apa yang dimaksud dengan pajak progresif?

Ada beberapa jenis pajak yang diberlakukan di Indonesia, salah satunya adalah pajak progresif. Pajak progresif adalah tarif pungutan pajak dengan persentase yang didasarkan pada jumlah atau kuantitas objek pajak dan berdasarkan pula harga atau nilai objek pajak.

Berapa pajak progresif motor ke 5?

Tarif Pajak Progresif Motor Untuk kepemilikan kendaraan bermotor kedua sebesar 2, 5 %. Untuk kepemilikan kendaraan bermotor ketiga sebesar 3%. Untuk kepemilikan kendaraan bermotor keempat sebesar 3, 5 %. Untuk kepemilikan kendaraan bermotor kelima sebesar 4%.

Apakah punya 1 motor dan 1 mobil Kena pajak progresif?

Sesuai penjelasan UU No.28 Tahun 2009, kalau kamu punya lebih dari satu kendaraan dengan nama pemilik dan/atau alamat yang sama, maka kena pajak progresif. Hanya saja hal tersebut hanya berlaku untuk kendaraan dengan jenis serupa. Ambil contoh, kamu punya satu mobil dan satu motor.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Apa Pengaruh Cdi Pada Motor?

Apakah pajak progresif berlaku untuk sepeda motor?

Bila kamu mempunyai kendaraan yang jumlahnya lebih dari satu, maka wajib membayar pajak progresif. Yang dimaksud dengan pajak progresif adalah biaya pajak yang harus dibayar bila memiliki kendaraan baik mobil atau motor lebih dari satu yang memiliki kesamaan nama pemilik dan alamat tempat tinggal.

Berapa pajak progresif untuk motor?

Masing-masing kendaraan ditetapkan menjadi kepemilikan pertama karena berbeda jenis. Otomatis, Anda hanya dikenakan pajak progresif pertama. Kepemilikan kendaraan bermotor kedua, ketiga, dan seterusnya dibebankan tarif paling rendah 2 persen dan paling tinggi 10 persen.

Apa yang dimaksud dengan pajak progresif brainly?

jawaban: pajak progresif adalah tarif pemungutan pajak dengan persentase yang naik dengan semua makin besarnya jumlah yang di gunakan sebagai dasar pengenaan pajak, dan kenaikan persentase untuk setiap jumlah tertentu setiap kali naik.

Apa yang dimaksud dengan pajak subjektif?

Pajak subjektif merupakan pajak yang pengenaan beban pajaknya memperhatikan pribadi wajib pajak atau dapat disebut dengan subjek pajak. Dimana kemudian baru menetapkan objek pajaknya. Dalam hal ini keadaan pribadi seorang wajib pajak sangat mempengaruhi besarnya jumlah pajak yang terutang.

Apa yang dimaksud dengan pajak yang terutang?

Hukum pajak Indonesia mengenal istilah pajak terutang. Istilah ini mengacu pada pajak yang harus dibayarkan pada saat tertentu dalam masa pajak, tahun pajak, atau bagian tahun, sesuai ketentuan dalam undang-undang. Sedangkan, PPh terutang adalah pajak terutang yang dihitung dari Penghasilan Kena Pajak.

Pajak progresif motor berlaku dimana saja?

Ini 8 Provinsi yang Berlakukan Tarif Pajak Progresif Kendaraan

  1. Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
  2. Provinsi Jateng.
  3. Provinsi Jawa Timur.
  4. Provinsi Jawa Barat.
  5. DKI Jakarta.
  6. Provinsi Bali.
  7. Sumatera Barat.
  8. Sulawesi Selatan.
You might be interested:  Sering ditanyakan: Cara Reyen Motor Baru Yang Benar?

Berapa yang harus dibayar pajak motor?

Begini, untuk tarif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kepemilikian oleh orang pribadi atas kepemilikan kendaraan bermotor pertama yaitu sebesar 2%, maka untuk: Kepemilikan kendaraan bermotor kedua, sebesar 2,5% Kepemilikan kendaraan bermotor ketiga, sebesar 3% Kepemilikan kendaraan bermotor keempat, sebesar 3,5%

Apakah satu KK Kena pajak progresif?

Dengan kata lain, meski beda nama pemilik, tetapi masih terdaftar dalam satu KK, akan dikenakan pajak progresif. Jadi, pajak progresif akan diterapkan pada kendaraan dengan kesamaan nama pemilik dengan alamat tempat tinggal pemilik.

Apakah Balik nama Kena pajak progresif?

Perhitungan pajak progresif kendaraan bermotor masih membuat sebagian masyarakat bingung. Dengan demikian, jika Anda menjual kendaraan bermotor kepada orang lain, sebaiknya segera melakukan proses balik nama sehingga Anda tidak lagi membayar pajak progresif untuk kendaraan tersebut.

Apakah Truk Kena pajak progresif?

Artinya, bila Anda punya satu mobil, satu motor, dan satu truk, tidak dikenakan pajak progresif. Masing-masing kendaraan ditetapkan menjadi kepemilikan pertama karena berbeda jenis. Otomatis, Anda hanya dikenakan pajak pertama untuk tiap kendaraan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *