FAQ: Cara Memanaskan Motor Matic Yang Benar?

Haruskah memanaskan motor setiap hari?

“Dengan kondisi sekarang, para pemilik sepeda motor sebaiknya memanaskan sepeda motornya selama 3-4 menit setiap hari. Tujuannya, untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik,” jelas Endro.

Apakah memanaskan motor matic harus diengkol dulu?

Joko juga mengatakan, untuk pemanasan mesin atau menghidupkan mesin pertama kali sebaiknya menggunakan kick starter atau starter engkol. Hal ini karena selama tidak digunakan arus pada baterai berkurang untuk kelistrikan pada motor.

Apa fungsi memanaskan mesin motor?

Fungsi dari memanaskan motor sendiri adalah untuk menjaga supaya motor tetap dalam kondisi prima. Karena dengan dipanasin, oli dari motor tersebut akan kembali melumasi mesin setelah semalaman tidak dipakai.

Perlukah menghangatkan motor?

Memanasi motor masih dianggap perlu Pada dasarnya, semua kendaraan bermotor termasuk motor perlu dipanasi sebelum digunakan untuk aktivitas lama atau berat. Hal tersebut dikatakan perlu untuk dilakukan agar terjadi beberapa bagian dalam mesin mendapatkan pelumasan dan siap digunakan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan motor?

Memanaskan motor sambil mengerjakan aktivitas lain. Biasanya pada pagi hari ketika akan berangkat bekerja melakukan aktivitas persiapan sambil memanasi motor. Padahal, untuk memanasi motor cukup hanya 30 detik – 2 menit saja. Durasi itu sudah cukup untuk “membangunkan” oli agar mulai bekerja pada mesin.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Cara Menghidupkan Motor Yang Mati?

Apakah motor 2 tak harus dipanaskan setiap hari?

Pemerintah juga sudah mengimbau agar tidak bepergian dan bekerja dari rumah. Kondisi ini menyebabkan kendaraan yang biasa digunakan sehari- hari, jadi harus diam di garasi. Endar, mekanik dari bengkel spesialis Vespa 2 -tak, Sar Motor di Bogor, mengatakan, memanaskan Vespa 2 -tak tidak perlu dilakukan setiap hari.

Mengapa motor harus diengkol dulu?

Yup, mula-mula motor diselah ( diengkol ) dulu sebanyak 4-5 kali dalam kondisi kunci kontak off. Tujuannya supaya oli naik lebih dahulu dan melumasi area mesin, sebelum mesin benar-benar dihidupkan. (BACA JUGA: Ternyata Akibatnya Fatal Kalau Jarang Pakai Kick Starter di Motor Matik, Sob!)

Apakah perlu memanaskan motor injeksi?

Contoh saja pada motor berteknologi fuel injection (FI), kamu tak perlu lagi melakukan pemanasan mesin setiap kali akan melakukan aktivitas berkendara. Meski demikian, kamu tetap boleh kok melakukan pemanasan mesin dengan catatan, kamu melakukannya sesuai dengan yang dianjurkan.

Apakah mesin mobil harus dipanaskan setiap hari?

” Mobil tidak perlu dipanaskan setiap hari, karena tujuan memanaskan mesin untuk oli bersirkulasi dengan baik,” katanya. Sedangkan, Didi menambahkan, untuk mobil tahun 90-an keatas mesinnya sudah dilengkapi dengan one way valve. Sehingga oli dari atas tidak akan turun ke penampungan oli saat mesin dimatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *