Jawaban Cepat: Apa Fungsi Cdi Pada Motor?

Apa fungsi dari Capacitor Discharge Ignition CDI?

Jawaban: Fungsi CDI Motor – CDI adalah singkatan dari Capacitor Discharge Ignition yang merupakan salah satu sistem pengapian mesin sepeda motor. Mesin tersebut memanfaatkan energi yang sebelumnya disimpan pada kapasitor. Energi kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan tegangan yang tinggi pada koil pengapian.

Berapa volt CDI motor?

Ternyata tegangan yang keluar dari CDI hanya mencapai 81,1 Volt.

Apa itu CDI unit?

CDI unit merupakan modal utama pada sistem pengapian CDI. Berfungsi untuk menyalurkan tegangan menuju coil dengan menggunakan prinsip discharge.

Apa fungsi CDI pada kendaraan injeksi?

CDI atau ECU bisa dibilang menjadi otak dari motor. Di motor karburator, CDI yang menjadi otak pengapian, dan di motor injeksi, ECU yang mengatur banyak aktifitas di mesin. Makanya, enggak heran kalau penggunaan CDI atau ECU racing bisa membuat mesin lebih irit.

Apa fungsi CDI pada sistem pengapian elektronik?

CDI akan bekerja untuk mengatur kapan waktunya percikan api dari busi bisa digunakan pada bahan bakar yang telah dipadatkan piston. Fungsi CDI motor besar pengaruhnya pada sistem pengapian mesin motor dan mempengaruhi performanya.

Apakah CDI berpengaruh pada kecepatan motor?

CDI standar pada motor sudah dirancang untuk membatasi putaran mesin pada kecepatan tertentu. sedangkan CDI racing dirancang dengan batas putaran mesin yang lebih tinggi. Jadi, dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing maka kecepatan akselerasi ataupun top speed motor akan naik.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Alat-Alat Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Cuci Motor?

Berapa tegangan yang bisa diubah oleh koil *?

Koil bisa menaikan tegangan listrik dari aki motor yang hanya 12 Volt menjadi ribuan Kilo Volt.

Apakah ECU sama dengan CDI?

” CDI bekarja berdasarkan timing pengapian untuk mematik-kan api pada busi saat pembakaran. Sedangkan ECU bekerja sebagai alat diagnosis dalam proses pembakaran, berdasarkan sensor-sensor pendukung yang ada pada kendaraan,” jelas M. Abidin selaku GM After Sales & Publik Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Apakah injeksi menggunakan CDI?

Nah, sekarang ada yang bertanya apakah masih ada CDI di mesin injeksi? Jelas jawabannya tidak! Perannya digantikan dengan komponen yang bernama ECU.

Apa yang terjadi jika CDI mati?

CDI merupakan komponen kelistrikan pada sepeda motor. Komponen ini memiliki tugas utama mengatur waktu percikan api pada busi untuk melakukan proses pembakaran. Jika CDI rusak, atau bahkan mati, tentunya pengapian tidak akan terjadi. Jelas sepeda motor tidak bisa dihidupkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *