Pertanyaan: Cara Setel Rantai Motor Yang Benar?

Apakah rantai motor bisa dipotong?

Potong rantai sebenarnya tidak disarankan, karena jika salah dalam memotongnya, rantai menjadi miring dan setelan rante akan mudah berubah. Lebih baik langsung ganti gear set. Jika terpaksa memotong rantai, lebih baik dikerjakan oleh tenaga ahli.

Berapa ketegangan rantai motor?

Sesuai dengan standar pabrikan, biasanya jarak ketegangan rantai antara 2 sentimeter sampai dengan 3 sentimeter. “Menyetel rantai memang bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu ke bengkel, tetapi juga harus sesuai dengan ukuran standar yakni 2-3 sentimeter,” ujar Joko kepada Kompas.com, Jumat (17/1/2020).

Kenapa rantai motor bisa kencang sendiri?

Ketika rantai motor kering, maka kinerja ring tidak berjalan optimal dan terkedang bisa macet dan kaku. Hal tersebutlah yang menjadikan rantai kendur kencang. Untuk tips sederhanya, anda bisa melumasi rantai dengan oli atau pelumas supaya rantai kembali lembab. Atau bila perlu, lakukan secara berulang.

Mengapa rantai sepeda motor tidak boleh kendur?

“Sama saja, rantai akan cepat aus, karena kan rantainya tegang dan enggak ada jarak buat dia main saat ngoper gigi. Apalagi ketika sedang berboncengan, ini akan menambah bobot pada kendaraan pasti tambah ketarik posisi rantainya,” lanjutnya.

You might be interested:  Tanya pembaca: Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Motor Bekas?

Kenapa rantai motor dipotong?

GridOto.com – Memotong rantai jadi salah satu solusi praktis mengembalikan ketegangan rantai. Umumnya, hal ini dilakukan ketika rantai motor sudah semakin kendur, dan setelan rantainya sudah habis, alias mentok.

Apa resiko rantai kendor?

“Efek rantai terlalu kendur, akibatnya rantai bisa lepas sewaktu-waktu, dan bisa lebih cepat aus karena gesekan rantai dan gir,” tambah Ribut. Selain itu, Ribut juga menambahkan, jika rantai yang terlalu kendur didiamkan terlalu lama, bisa berdampak pada sisi efisiensi bahan bakar dan performa motor itu sendiri.

Apa yang terjadi jika rantai motor terlalu kencang?

“Jika menyetel rantai terlalu kencang itu efeknya bisa membuat rantai cepat aus jika dibiarkan rantai bisa molor atau kendur,” ujar Joko kepada Kompas.com, Minggu (26/1/2020). Selain itu, masih kata Joko, gear juga akan lebih cepat aus dan yang lebih parah lagi sewaktu-waktu akan putus.

Berapa jarak bebas kekencangan rantai roda sepeda motor?

Berapakah jarak bebas kekencangan rantai roda sepeda motor jenis cub/bebek…. 1-2 cm.

Kenapa rantai motor nyendat nyendat?

Laju Sering Nyendat Hal itu disebabkan seal penghubung antara mata rantai sudah getas karena pemakaian. Bisa juga masalah dikarenakan bagian dalam rantai sudah banyak yang aus, serta gear motor sudah lancip karena terkikis. – Lebih kuat untuk daya tarik dengan beban lebih berat.

Apa yang menyebabkan ketegangan rantai kadang mengencang kadang mengendur?

Penyebab pertama rantai motor cepat kendur adalah karena medan jalan yang bergelombang dan juga kondisi jalan yang rusak atau tidak rata. Kondisi inilah yang bisa membuat rantai motor cepat kendur. Kotoran Pada Rantai. Kotoran yang ada di rantai juga bisa membuat rantai menjadi cepat kendur.

You might be interested:  Pertanyaan: Contoh Lampu Motor Yang Dilarang Polisi?

Apa Penyebab rantai keteng kendor?

Masalah kedua yang mungkin menjadi penyebab rantai keteng mungkin menjadi kendor adalah jarang mendapatkan asupan oli mesin baru dan segar. Kurangnya perawatan pada oli mesin akan berdampak pada banyak hal. Selain rantai keteng yang mudah kendor karena kurangnya formula pelumas yang ada pada oli mesin.

Kenapa rantai bisa putus?

Penyebab Rantai Motor Bisa Putus Saat Berkendara Pertama, faktor alam. Cipratan dari genangan air hujan yang telah bercampur dengan lumpur lama kelamaan bisa menyebabkan grease yang bertugas menjaga suhu rantai dan sebagai pelumas berkurang atau bahkan hilang. Hal ini menyebabkan rantai akan lebih mudah putus.

Jelaskan apa tanda ketegangan rantai tidak stabil?

Ketegangan rantai tidak stabil Dapat dilihat dengan cara memutar roda belakang ketika motor diposisikan di atas standar tengah. Rantai yang mulai aus akan terlihat sesekali menegang dan mengendor sendiri ketika roda belakang diputar.

Kapan harus ganti gear set motor?

Penggantian gir dan rantai biasanya akan dilakukan setiap 25.000 KM. Tetapi ingat, tergantung juga dari cara kita berkendaranya dan ada baiknya jangan menunda-nunda kalau memang sudah waktunya mengganti gir dan rantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *