Pertanyaan: Polisi Tidak Berhak Menilang Pajak Motor/Mobil Yang Mati?

Apakah polisi boleh menilang pajak mati?

POLISI TIDAK BERHAK MENILANG PAJAK MOTOR / MOBIL YANG MATI! Kalau masalah pajak polisi tdk berhak Menilang, Bahkan, seandainya pembayar pajak yang telat ini pas kena razia di jalanan umum, polisi tetap tidak bisa berbuat apa-apa. Kalau semua surat lengkap dan gak ada masalah, ya’ gak bisa ditilang,” ucapnya.

Apakah belum bayar pajak itu harus di tilang?

“Pada saat pengesahan, sebelum disahkan oleh petugas pemilik harus bayar pajak dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) baru disahkan. Pajak mati berarti belum disahkan oleh petugas yang punya kewenangan,” katanya.

Berapa denda tilang pajak kendaraan mati?

Dimana peraturan tersebut tertuang pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Mengaju pada peraturan di atas maka dapat disimpulkan bahwa denda tilang pajak motor mati adalah maksimal sebanyak Rp. 500.000 atau denda kurungan maksimal 2 bulan.

Berapa harga denda pajak motor?

Denda SWDKLLJ sendiri untuk motor adalah sebesar Rp32.000 sedangkan mobil Rp100.000. Sehingga jika pajak kendaraan bermotor sekitar Rp 500.000 dan terlambat bayar 2 bulan, maka cara menghitung denda pajak motornya adalah 500.000 x 25% x 2/12 + 32.000 totalnya adalah Rp52.900.

You might be interested:  FAQ: Cat Spray Yang Bagus Untuk Motor?

Apakah polisi berhak menilang jika pajak kendaraan mati?

Informasi polisi tidak bisa menilang pajak kendaraan yang mati adalah tidak benar. Alasan tilang dari pihak kepolisian bukan karena pengendara belum membayar pajak kendaraan bermotor, tapi pengendara mengendarai kendaraannya tanpa dilengkapi STNK yang sudah disahkan.

Apakah pajak motor mati bisa dihidupkan?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilik kendaraan bermotor yang tidak membayar pajak kendaraannya otomatis akan membuat Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK ) mati atau tidak sah. Agar hal ini tidak terjadi, pemilik kendaraan bisa mengaktifkan kembali STNK yang sudah habis masa berlakunya.

Denda pajak mati setahun berapa?

Denda pajak mobil sebesar 25% itu berlaku untuk 1 tahun. Jika memang Anda hanya tidak membayar pajak dalam hitungan bulan, tinggal membaginya dengan jumlah bulan saja. Ini contoh perhitungannya.

Pajak motor mati 5 tahun bayar berapa?

Berapa harga denda pajak motor telat 5 tahun? Sesuai peraturan yang ada, denda pajak motor telat 5 tahun adalah 48% dari PKB ( pajak kendaraan bermotor ) ditambah denda SWDKLLJ sebanyak Rp. 35.000 per tahun. Selain pemilik kendaraan juga tetap harus membayar pajak terhutang selama 5 tahun.

Apa yang dimaksud pajak mati?

“Masa berlaku STNK 5 tahun, dan harus disahkan setiap tahun. Pada saat pengesahan, sebelum disahkan oleh petugas pemilik harus bayar pajak dan SWDKLLJ baru disahkan. Pajak mati berarti belum disahkan oleh petugas yang punya kewenangan,” katanya kepada Kompas.com.

Berapa denda pajak motor telat 2 hari?

Misalnya, kamu terlambat 2 hari, maka kamu akan dikenakan denda 1 bulan. Jika kamu telat bayar pajak selama 1 bulan plus 1 hari, maka akan dihitung keterlambatan untuk 2 bulan. Untuk keterlambatan 2 hari hingga 1 bulan, denda yang dikenakan adalah sebesar 25 persen dari total pajak yang wajib kamu bayarkan.

You might be interested:  FAQ: Cara Mengembalikan Cat Motor Yang Kusam?

Pajak motor 1 tahun berapa?

Maka, Pajak Kendaraan Bermotor yang harus dibayarkan oleh Firda yaitu sebesar Rp300.000 untuk satu motor per tahunnya.

Pajak motor mati 3 tahun bayar berapa?

Denda pajak motor: Rp150.000 (PKB) x 25% x 36 bulan/12: Rp112.500; dan. Denda SWDKLLJ: Rp35.000 x 3 tahun = Rp105.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *