Tanya pembaca: Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mencuci Motor?

Apakah mesin motor boleh dicuci?

Perlu diketahui, mesin motor yang masih panas tidak boleh langsung dicuci. Hal ini karena kondisi mesin yang panas dan langsung terkena air akan membuat kerusakan pada blok mesin dan pangkal knalpot. Selain karena faktor komponen motor, mesin yang masih panas juga berisiko melukai tangan ketika mencuci.

Kapan waktu yang tepat untuk mencuci motor?

Waktu yang tepat untuk mencuci motor Anda disarankan untuk menunggu suhu mesin turun, kira-kira selama 20-30 menit. Jadi, mesin motor Anda tidak cepat rusak. Tidak masalah Anda ingin mencuci waktu di pagi maupun malam hari. Meski begitu, sebaiknya Anda rutin mencucinya, setidaknya seminggu sekali.

Berapa minggu sekali mencuci motor?

Umumnya, setiap orang mencuci motor saat kondisinya memang sudah benar-benar kotor. Hal ini dapat memyebabkan kotoran yang mengering dan menempel ke cat motor jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Maka, alokasikan waktu khusus untuk mencuci motor 2 minggu atau 3 minggu sekali.

Apakah aki motor boleh kena air?

“ Aki terendam air biasanya aman-aman saja kok,” ujar Fandy kepada GridOto.com, Selasa (7/1/2020).

Apakah mesin motor boleh terkena air?

Meski terletak di bagian dalam motor, karburator juga memungkinkan untuk terkena air. Jika karburator terkena air, maka kinerjanya tak lagi maksimal dan membuat motor susah menyala. Air akan mengganggu kinerja karburator yang memiliki fungsi untuk mencampur udara ke ruang pembakaran.

You might be interested:  FAQ: Oli Motor Yang Bikin Suara Mesin Halus?

Apakah shampo rambut bisa buat cuci motor?

Ketimbang pakai sabun cuci piring, Oke lebih menyarankan menggunakan sampo rambut buat membersihkan bodi motor karena tidak bikin cat kusam.

Bagaimana Cara Cuci motor?

Seperti dilansir dari MCN, berikut panduan mencuci atau merawat motor agat tetap bersih dari kuman dan tetap berkilau.

  1. Bilas. Pastikan motor dalam keadaan tidak menyala atau mesin sudah dingin.
  2. Pilih Cairan atau Sabun Berkualitas.
  3. Dahulukan Bagian Mesin dan Sasis.
  4. Bersihkan Knalpot.
  5. Pelumas Pembersih Rantai.
  6. Keringkan.
  7. Semir.

Apa manfaat cuci motor?

Mencuci motor secara rutin dapat menjadikan motor BroSis bersih dan higienis. Sehingga motor menjadi lebih nyaman ketika digunakan. Dengan motor yang bersih, tentu lebih menarik untuk dilihat. Air hujan yang bersifat asam memiliki efek negatif jika dibiarkan nempel pada bodi kendaraan.

Apakah air hujan baik untuk mencuci motor?

Hal ini karena air hujan mengandung garam yang bisa menyebabkan bagian kendaraan berkarat. “Setelah digunakan saat hujan sebaiknya motor segera dicuci, karena air hujan mengandung garam yang sifatnya asam,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (17/8/2020).

Bolehkah mencuci bagasi motor?

Mencuci bagian bagasi di balik jok biasanya dilakukan pada motor – motor matic yang memiliki kapasitas bagasi besar. Menurut salah satu bengkel detailing dan cuci motor, hal ini aman untuk dilakukan namun dengan beberapa catatan.

Apa yang terjadi jika aki terkena air?

Apabila aki terkena air atau sekring, maka berisiko menyebabkan korsleting. “Pemilik enggak perlu khawatir genangan air masuk. Sebab tempat aki dan sekring di motor sudah dirancang untuk kedap air dan udara,” ujar Ahmad Matin, Service Advisor AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Apa Itu Otr Motor?

Apakah ECU anti air?

Pada dasarnya, ECU dan soketnya diciptakan untuk tahan terhadap cipratan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *